NPM : 10213598
KELAS : 2EA13
Cara Membaca,Melihat dan Memanfaatkan Peluang pasar
Sehubungan dengan pertumbuhan
perusahaan, maka perusahaan perlu menganalisa peluang pasar yang dapat
dimanfaatkan. Analisa peluang pasar ini sangat penting, karena perusahaan perlu
mengetahui berapa besarnya peluang yang tersedia dalam memasarkan produknya dan
dapat menetapkan apakah pasar cukup besar untuk mendukung produk lain dan masih
memberikan laba.
Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan tersebut dalam memasarkan produknya, untuk itu pertumbuhan pasar di masa yang akan datang sangat diperlukan. Menganalisa peluang pasar juga untuk membuat keputusan apakah perusahaan akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan produktifitasnya atau harus keluar dari pasar.
Pengertian peluang pasar menurut Kotler (1997:72) adalah sebagai berikut: Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan.
Sedangkan Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan pengertian peluang pasar: Pasar adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
Analisa peluang pasar merupakan proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan ekstern yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. Perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Untuk meningkatkan volume penjualan dan merebut pangsa pasar yang besar, maka perusahaan harus menggunakan kebijaksanaan- kebijaksanaan yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. Selanjutnya perusahaan harus melihat potensi dari pasar.
Kotler (1997:118) menyatakan bahwa: Potensi pasar adalah batas yang di dekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah di tentukan.
Dari potensi pasar yang ada, sehingga perusahaan dapat mengetahui peluang pasar yang ada.
Sedangkan menurut Kartajaya (2002-49) memberikan pengertian segmentasi pasar tersebut sebagai berikut: Segmentasi pasar adalah tentang pemetaan (mapping) suatu pasar menjadi beberapa kategori dengan mengumpulkan perilaku yang serupa dari pelanggan ke dalam sebuah segmen.
Dari setiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai suatu pasar sasaran yang akan dicapai dengan menggunakan strategi bauran pemasaran yang tepat. Adapun dasar-dasar untuk membuat segmentasi pasar konsumen, menurut Kotler (2002:300) adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi geografi
Segmentasi geografi ini mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga. Perusahaan dapat beroperasi di semua wilayah geografis, tetapi lebih memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam segmen tersebut.
2. Segmentasi Demografis
Yaitu dilakukan dengan cara pasar di bagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografis seperti, usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Variabel demografis ini merupakan dasar yang paling banyak digunakan dalam membuat kelompok pelanggan, karena variabel ini sangat berhubungan dengan preferensi dan tingkat pemakaian.
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan mengelompokkan pembeli yang berbeda berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.
4. Segmentasi perilaku
Dalam segmentasi perilaku, pembeli dibagi menjadi kelompok- kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap suatu prod
Membaca Peluang Pasar
Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan tersebut dalam memasarkan produknya, untuk itu pertumbuhan pasar di masa yang akan datang sangat diperlukan. Menganalisa peluang pasar juga untuk membuat keputusan apakah perusahaan akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan produktifitasnya atau harus keluar dari pasar.
Pengertian peluang pasar menurut Kotler (1997:72) adalah sebagai berikut: Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan.
Sedangkan Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan pengertian peluang pasar: Pasar adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
Analisa peluang pasar merupakan proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan ekstern yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang. Perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Untuk meningkatkan volume penjualan dan merebut pangsa pasar yang besar, maka perusahaan harus menggunakan kebijaksanaan- kebijaksanaan yang tepat untuk memasuki peluang pasar yang ada. Selanjutnya perusahaan harus melihat potensi dari pasar.
Kotler (1997:118) menyatakan bahwa: Potensi pasar adalah batas yang di dekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah di tentukan.
Dari potensi pasar yang ada, sehingga perusahaan dapat mengetahui peluang pasar yang ada.
Sedangkan menurut Kartajaya (2002-49) memberikan pengertian segmentasi pasar tersebut sebagai berikut: Segmentasi pasar adalah tentang pemetaan (mapping) suatu pasar menjadi beberapa kategori dengan mengumpulkan perilaku yang serupa dari pelanggan ke dalam sebuah segmen.
Dari setiap kelompok konsumen dapat dipilih sebagai suatu pasar sasaran yang akan dicapai dengan menggunakan strategi bauran pemasaran yang tepat. Adapun dasar-dasar untuk membuat segmentasi pasar konsumen, menurut Kotler (2002:300) adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi geografi
Segmentasi geografi ini mengharuskan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga. Perusahaan dapat beroperasi di semua wilayah geografis, tetapi lebih memperhatikan perbedaan kebutuhan dan keinginan yang ada dalam segmen tersebut.
2. Segmentasi Demografis
Yaitu dilakukan dengan cara pasar di bagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografis seperti, usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Variabel demografis ini merupakan dasar yang paling banyak digunakan dalam membuat kelompok pelanggan, karena variabel ini sangat berhubungan dengan preferensi dan tingkat pemakaian.
3. Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini dilakukan dengan mengelompokkan pembeli yang berbeda berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.
4. Segmentasi perilaku
Dalam segmentasi perilaku, pembeli dibagi menjadi kelompok- kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap suatu prod
Membaca Peluang Pasar
Suatu perusahaan perlu menganalisa
atau membaca peluang pasar yang dapat dimanfaatkan. Membaca peluang pasar
merupakan hal yang penting,karena dengan itu, perusahaan dapat mengetahui apakah
produk yang diciptakan mempunyai peluang untuk dipasarkan dan dengan membaca
peluang pasar perusahaan juga dapat mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh
konsumen.
Dari mana kita dapat membaca peluang pasar? Peluang pasar bisa kita dapatkan dari berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi, budaya, agama dsb. Sebagai contoh dari segi teknologi, dengan semakin berkembangannya zaman teknologi yang ada pun semakin canggih sehingga kebutahan konsumen menjadi meningkat. Ini merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk menyediakan alat-alat teknologi yang dibutuhkan konsumen,seperti Handphone,komputer,televisi dll.
Di dalam kehidupan kita sehari-hari pun banyak tercipta peluang pasar yang bisa kita manfaatkan dalam rangka mendapatkan keuntungannya. Ini beberapa contoh sederahana dari peluang pasar :
Dari mana kita dapat membaca peluang pasar? Peluang pasar bisa kita dapatkan dari berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi, budaya, agama dsb. Sebagai contoh dari segi teknologi, dengan semakin berkembangannya zaman teknologi yang ada pun semakin canggih sehingga kebutahan konsumen menjadi meningkat. Ini merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk menyediakan alat-alat teknologi yang dibutuhkan konsumen,seperti Handphone,komputer,televisi dll.
Di dalam kehidupan kita sehari-hari pun banyak tercipta peluang pasar yang bisa kita manfaatkan dalam rangka mendapatkan keuntungannya. Ini beberapa contoh sederahana dari peluang pasar :
- Hallyu wave
Halyu wave atau Korean wave adalah
istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop korea atau KPOP secara
global ke berbagi negara. Sekarang ini Indonesia pun merasakan hallyu wave yang
sangat besar. Dengan adanya hallyu wave otomatis hal yang berhubungan KPOP
pasti sangat diminati oleh para penggemar KPOP di Indonesia,dengan ini kita
mendapatkan peluang pasar dengan membuat usaha baik dalam bentuk toko maupun
online shop yang menjual segala pernak-pernik yang berhubungan dengan
KPOP,seperti kaset,baju,sepatu,dll.
- Lingkungan Rumah
Setiap keluarga pasti memiliki
berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Peluang yang didapatkan dari segi ini
yaitu kita dapat membuat sebuah warung maupun supermarket yang dapat memenuhi
kebutuhan tersebut.
- Lingkungan Perkantoran
Di lingkungan ini begitu banyak
peluang yang dimanfaatkan,bisa kita liat banyak warung makanan yang menjamur
disekitar perkantoran. Ada pula banyak tempat-tempat refreshing yang dapat
menghilangkan kejenuhan para pekerja kantor seperti salon,mall,dll.
- Butik muslim
Begitu banyak muslimah-muslimah yang
sekarang menggunakan hijab. Dengan membaca peluang ini kita dapat membuat usaha
butik muslim yang menyediakan berbagai pakaian maupun hijab dengan gaya yang
modern sehingga para muslimah berminat untuk membelinya.
- Lingkungan Kuliah atau Sekolah
Peluang yang dapat kita baca dari
lingkungan ini adalah kebutuhan para siswa maupun mahasiswa dalam menunjang
pembelajaraan mereka seperti toko alat tulis,tempat fotokopian,warnet maupun
warung-warung makanan.
- Musim Hujan
Saat musin hujan mungkin pemiliki
kendaraan merasa kesal dengan keadaannya jalan yang becek karena dengan begitu
kendaraan mereka akan menjadi kotor dan tidak enak untuk dikendarain atau
dipandang. Peluang yang dapat diambil dengan cara membuat tempat pencucian
kendaraan. Sehingga meringgankan beban para pengguna kendaraan yang tidak ada
waktu untuk membersihkan kendaraannya. Selain itu kita juga dapat menjual jas
hujan maupun payung disekitar jalan,karena mungkin sebagaian orang selalu malas
membawa 2 alat itu.
- Acara keagamaan
Indonesia memiliki agama yang
beragam. Seperti agam islam yang merayakan hari raya idul fitri,dan setiap
muslim memiliki kebiasaan dalam merayakannya. Banyak masyarakat yang membaca
peluang besar ini dengan menjual pakaian-pakaian muslim yang sedang
trend,kue-kue kering maupun makanan khas lebaran. Begitu pun saat natal
tiba,banyak yang menjual pohon natal ataupun pernak-pernik natal lainnya. Dalam
hal ini peluang yang diambil adalah peluang musiman
Itulah beberapa contoh sederhana peluang yang dapat kita lakukan. Pintar-pintar lah dalam mencari peluang karena dengan mendapatkan peluang keuntungan pun bisa kita raih.
Menilai peluang pasar
Wirausahawan seharusnya dalam proses pengambilan keputusan harus didasari atas informasi terbaik yang dikumpulkan.
Informasi pasar berfungsi :
Itulah beberapa contoh sederhana peluang yang dapat kita lakukan. Pintar-pintar lah dalam mencari peluang karena dengan mendapatkan peluang keuntungan pun bisa kita raih.
Menilai peluang pasar
Wirausahawan seharusnya dalam proses pengambilan keputusan harus didasari atas informasi terbaik yang dikumpulkan.
Informasi pasar berfungsi :
- untuk menemukan pasar baru yang dapat dimasuki
- menemukan pelanggan baru dalam pasar yang ada sekarang
- mengetahui produk-produk baru yang mempunyai potensi untuk dikembangkan pada masa yang akan datang
Selain itu, informasi pasar juga
menyediakan data yang dibutuhkan pada waktunya untuk :
- Mengurangi risiko usaha.
- Mengurangi persoalan dan masalah potensial pada usaha anda saat ini.
- Mengenal peluang pasar yang baru.
- Memperoleh informasi dan fakta tentang usaha untuk
dimanfaatkan dalam membuat keputusan dan rencana tindak yang lebih
realistis
Daftar Pustaka
http://rabbydarmawan96.blogspot.com/2012/10/cara-membacamelihat-dan-memanfaatkan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar